AL-MAKKI DAN AL-MADANIY
MAKALAH
Diajukan untuk memenuhi tugas Terstruktur pada mata
kuliah
ULUMUL QUR’AN

Disusun Oleh : Kelompok 5
Alfadilatu ahmad : 2014.1839
Rafinaldi :
2010.1524
Dosen Pembimbing :
Jawahir Jamhur, Lc ,MA
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM PENGEMBANGAN ILMU
AL-QUR’AN
STAIPIQ SUMATERA BARAT
2015 M/1436 H
PENDAHULUAN
Ilmu makki dan madani adalah ilmu yang membahas tentang
bagian al-qur’an yang makki dan bagian yang madani. Baik dari segi arti dan
maknanya, cara-cara mengetahuinya, atau tanda masing-masingnya, maupun
macam-macamnya.
Sedangkan yang dimaksud dengan makki dan madani ialah bagian-bagian
kitab suci al-qur’an, dimana ada sebagiannya termasuk makki dan ada yang termasuk madani.
Para ulama sangat memperhatikan al-qur’an dengan cermat
dimana mereka menempatkan surah-surah sesuai dengan tempatnya. Namun suatu
surah tidak bisa ditempatkan begitu saja di bagian makki dan madani, karena
kita harus mengetahui dahulu secara jelas ciri-ciri diantara keduanya.
Maka dari itu pemakalah akan mencoba untuk mengulas lebih
lanjut persoalan-persoalan tentang :
a.
Pengertian makki dan madani
b.
Klasifikasi surah-surah dan ayat-ayat al-qur’an
c.
Ciri-ciri khas ayat-ayat makkiyah dan madaniyah
d.
Kegunaan mempelajarinya
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Ada
beberapa pengertian yang
dipakai para ulama dalam mengartikan ayat makiyah dan ayat madaniyah, :
surat
makkiyah
adalah surat yang diturunkan di makkah walaupun turunnya itu setelah hijrah.
Sedangkan surat madaniyah adalah surat
yang diturunkan di madinah. Dan Yang
termasuk turun di makkah adalah daerah-daerah yang masih dalam kawasan makkah,
seperti ayat-ayat yang diturunkan kepada nabi Muhammad saw. Ketika di mina,
arafah, dan hudaibiyah. Dan yang termasuk turun di madinah adalah daerah-daerah
yang masih dalam kawasan madinah, seperti ayat-ayat yang diturunkan kepada nabi
Muhammad ketika beliau berada di kawasan badar dan uhud. Pembagian ini
berdasarkan tempat diturunkannya al-qur’an sebagaimana yang telah anda ketahui,
tetapi hal ini tidak bisa dijadikan patokan atau batasan, karena hal itu tidak
mencakup ayat-ayat yang diturunkan di selain makkah dan madinah, sebagaimana
firman allah swt. Dalam surat at-taubah :
öqs9
tb%x.
$ZÊ{tã
$Y7Ìs%
#\xÿyur
#YϹ$s%
x8qãèt7¨?^w
.`Å3»s9ur
ôNyãèt/
ãNÍkön=tã
èp¤)±9$#
4
cqàÿÎ=ósuyur
«!$$Î/
Èqs9
$oY÷èsÜtFó$#
$uZô_tsm:
öNä3yètB
tbqä3Î=ökç
öNåk|¦àÿRr&
ª!$#ur
ãNn=÷èt
öNåk¨XÎ)
tbqç/É»s3s9
ÇÍËÈ
Kalau yang kamu serukan kepada mereka itu keuntungan yang
mudah diperoleh dan perjalanan yang tidak begitu jauh, pastilah mereka
mengikutimu. (QS.at-taubah
: 42).[1]
Untuk menentukan ayat atau surat
makkiyah dan madaniyah ada beberapa kriteria
yang dikemukakan para ulama tafsir.
a. Ayat/surat makkiyah adalah ayat/surat al-qur’an yang diturunkan di makkah,
sedangkan ayat/surat madaniyah ialah ayat/surat al-qur’an yang diturunkan di
madinah. Dalam menetapkan makkiyah atau madaniyah suatu ayat/surat pendapat ini
menjadikan lokasi turunnya al-qur’an sebagai dasarnya.
b. Ayat/surat makkiyah ialah ayat/surat yang kitabnya ditujukan kepada penduduk
makkah. Sedangkan ayat/surat madaniyah ialah ayat/surat yang kitabnya ditujukan
kepada penduduk madinah. Kelompok ini menetapkan pendapatnya atas dasar
golongan atau kelompok manusia yang dijadikan sasaran dari penurunan ayat/surat
itu sendiri.
c. Ayat/surat makkiyah adalah ayat/surat yang diturunkan sebelum nabi Muhammad
saw hijrah ke madinah walaupun ayat/suratnya itu diturunkan di madinah,
sedangkan ayat/surat madaniyah adalah ayat/surat yang diturunkan sesudah nabi
hijrah ke madinah walaupun ayat/surat itu diturunkan di makkah. Menurut
sebagian orang pendapat terakhir inilah yang dipandang paling masyhur (M. Amin
Suma, 2000:81-82).[2]
Jadi,
pengertian makkiyah dan madaniyah pemakalah sependapat dengan
pendapat yang ketiga yaitu, makkiyah adalah ayat/surat yang diturunkan sebelum
nabi Muhammad saw hijrah ke madinah walaupun ayat/suratnya itu diturunkan di
madinah, sedangkan ayat/surat madaniyah adalah ayat/surat yang diturunkan
sesudah nabi hijrah ke madinah walaupun ayat/surat itu diturunkan di makkah.
Dalam
menentukan ayat-ayat makkiyah dan madaniyah, para ulama membagi menjadi tiga
mazhab, yaitu :
1. Menentukannya berdasarkan tempat turun
ayat.
2. Menentukannya berdasarkan khithab .
Jadi
juga dapat kami pahami dari Definisi di atas yang disampaikan mazhab kedua ini masih
ada kelemahannya, sebab definisi hanya mencakup pada objek penerima ayat yang
terpaku pada dua wilayah saja yaitu ahli makkah dan madinah, padahal
sebagaimana diketahui, ayat-ayat al-quran tidak saja diturunkan kepada ahli
makkah dan madinah tapi banyak ayat yang ditujukan kepada selain mereka.
B.
klasifikasi surat-surat dan ayat-ayat al-qur’an
Para ulama membagi surat-surat al-qur’an menjadi dua
kelompok yaitu surat makkiyah dan
surat madaniyah. Menurut syekh
Muhammad al-khudhari bek, al-qur’an yang diturunkan di makkah kira-kira 19/30%,
sedangkan yang diturunkan di madinah kira-kira 11/30%, atau tepatnya
surat-surat yang diturunkan di makkah sebanyak 86 surat, dan yang diturunkan di
madinah sebanyak 28 surat. Masing-masing kelompok
surat makkiyah dan madaniyah itu secara rinci dapat dilihat dari daftar berikut
ini :[4]
SURAT-SURAT MAKKIYAH
|
No.
Urut Turun Surat
|
Nama
Surat
|
No.
Urut Pada Mushaf
|
Jumlah
Ayat
|
|
1
|
Al-a’laq
|
96
|
19
|
|
2
|
Al-qalam
|
68
|
52
|
|
3
|
Al-muzzamil
|
73
|
21
|
|
4
|
Al-muddatsir
|
74
|
56
|
|
5
|
Al-fatihah
|
1
|
7
|
|
6
|
Al-lahab
|
101
|
5
|
|
7
|
Al-takwir
|
81
|
29
|
|
8
|
Al-a’la
|
87
|
19
|
|
9
|
Al-lail
|
92
|
21
|
|
10
|
Al-fajr
|
89
|
30
|
|
11
|
Al-dhuha
|
93
|
11
|
|
12
|
Al-insyirah
|
94
|
8
|
|
13
|
Al-‘ashr
|
103
|
3
|
|
14
|
Al-‘adiyat
|
100
|
11
|
|
15
|
Al-kutsar
|
108
|
3
|
|
16
|
Al-takatsur
|
102
|
8
|
|
17
|
Al-ma’un
|
107
|
7
|
|
18
|
Al-kafirun
|
109
|
6
|
|
19
|
Al-fil
|
105
|
5
|
|
20
|
Al-falaq
|
113
|
5
|
|
21
|
Al-nas
|
114
|
6
|
|
22
|
Al-ikhlas
|
112
|
4
|
|
23
|
Al-najm
|
53
|
62
|
|
24
|
‘abasa
|
80
|
42
|
|
25
|
Al-qadr
|
97
|
5
|
|
26
|
Al-syams
|
91
|
15
|
|
27
|
Al-buruj
|
85
|
22
|
|
28
|
Al-tin
|
95
|
8
|
|
29
|
Al-quraisy
|
106
|
4
|
|
30
|
Al-qari’ah
|
101
|
10
|
|
31
|
Al-qiyamah
|
75
|
40
|
|
32
|
Al-humazah
|
104
|
9
|
|
33
|
Al-mursalat
|
77
|
50
|
|
34
|
Qaf
|
50
|
45
|
|
35
|
Al-balad
|
90
|
20
|
|
36
|
Al-thariq
|
86
|
17
|
|
37
|
Al-fajr
|
54
|
55
|
|
38
|
Shad
|
38
|
88
|
|
39
|
Al-‘araf
|
7
|
206
|
|
40
|
Al-jin
|
72
|
28
|
|
41
|
Yasin
|
36
|
83
|
|
42
|
Al-furqan
|
25
|
77
|
|
43
|
Father
|
35
|
45
|
|
44
|
Maryam
|
19
|
99
|
|
45
|
Thaha
|
20
|
135
|
|
46
|
Al-waqi’ah
|
56
|
96
|
|
47
|
Al-syu’ara
|
26
|
227
|
|
48
|
Al-naml
|
27
|
93
|
|
49
|
Al-qashash
|
28
|
88
|
|
50
|
Al-isra’
|
17
|
111
|
|
51
|
Yunus
|
10
|
109
|
|
52
|
Al-hijr
|
11
|
123
|
|
53
|
Yusuf
|
12
|
111
|
|
54
|
Al-hijr
|
15
|
99
|
|
55
|
Al-an’am
|
6
|
165
|
|
56
|
Al-shaffat
|
37
|
182
|
|
57
|
Luqman
|
31
|
34
|
|
58
|
Saba’
|
34
|
54
|
|
59
|
Al-zumar
|
39
|
75
|
|
60
|
Ghafir
|
40
|
85
|
|
61
|
Fushshilat
|
41
|
54
|
|
62
|
Al-syura
|
42
|
53
|
|
63
|
Al-zukhruf
|
43
|
89
|
|
64
|
Al-dukhan
|
44
|
59
|
|
65
|
Al-jatsiyah
|
45
|
37
|
|
66
|
Al-ahqaf
|
46
|
35
|
|
67
|
Al-dzariyat
|
51
|
60
|
|
68
|
Al-ghasyiyah
|
88
|
26
|
|
69
|
Al-kahf
|
18
|
110
|
|
70
|
Al-nahl
|
16
|
128
|
|
71
|
Nuh
|
71
|
28
|
|
72
|
Ibrahim
|
14
|
52
|
|
73
|
Al-anbiya
|
21
|
112
|
|
74
|
Al-mu’minun
|
23
|
118
|
|
75
|
Al-sajdah
|
32
|
30
|
|
76
|
Al-thur
|
52
|
59
|
|
77
|
Al-mulk
|
67
|
30
|
|
78
|
Al-haqqah
|
19
|
52
|
|
79
|
Al-ma’arij
|
70
|
44
|
|
80
|
Al-naba’
|
78
|
40
|
|
81
|
Al-nazi’at
|
79
|
46
|
|
82
|
Al-infithar
|
82
|
19
|
|
83
|
Al-insyiqaq
|
84
|
25
|
|
84
|
Al-rum
|
30
|
60
|
|
85
|
Al-‘ankabut
|
29
|
69
|
|
86
|
Al-muthaffifin
|
83
|
36
|
SURAT-SURAT MADANIYAH
|
No.
Urut Turun Surat
|
Nama
Surat
|
No.
Urut Pada Mushaf
|
Jumlah
Ayat
|
|
87
|
Al-baqarah
|
2
|
286
|
|
88
|
Al-anfal
|
8
|
75
|
|
89
|
Ali’imran
|
3
|
200
|
|
90
|
Al-ahzab
|
33
|
73
|
|
91
|
Al-mumtahanah
|
60
|
13
|
|
92
|
Al-nisa’
|
4
|
176
|
|
93
|
Al-zalzalah
|
99
|
8
|
|
94
|
Al-hadid
|
57
|
29
|
|
95
|
Muhammad
|
47
|
38
|
|
96
|
Al-ra’d
|
13
|
43
|
|
97
|
Al-rahman
|
55
|
78
|
|
98
|
Al-insan
|
76
|
31
|
|
99
|
Al-thalaq
|
65
|
12
|
|
100
|
Al-bayyinah
|
98
|
8
|
|
101
|
Al-hasyr
|
59
|
24
|
|
102
|
Al-nur
|
24
|
3
|
|
103
|
Al-hajj
|
22
|
64
|
|
104
|
Al-munafiqun
|
63
|
78
|
|
105
|
Al-mujadalah
|
58
|
11
|
|
106
|
Al-hujurat
|
49
|
22
|
|
107
|
Al-tahrim
|
66
|
18
|
|
108
|
Al-taghabun
|
64
|
12
|
|
109
|
Al-shaff
|
61
|
14
|
|
110
|
Al-jumu’ah
|
62
|
11
|
|
111
|
Al-fath
|
48
|
18
|
|
112
|
Al-maidah
|
5
|
29
|
|
113
|
Al-taubah
|
9
|
120
|
|
114
|
Al-nashr
|
110
|
130
|
Jadi, kelompok surat makkiyah lebih banyak jumlahnya dari
pada kelompok surat madaniyah.[5]
Surat-surat
al-qur’an itu ada yang panjang dan ada pula yang pendek. Surat terpanjang dalam
al-qur’an adalah surat al-baqarah yang terdiri atas 287 ayat, 3.100 kata dan
25.500 huruf. Adapun surat terpendek ialah surat al-kautsar, terdiri atas 3
ayat, 10 kata dan 42 huruf.
Dilihat
dari segi panjang pendeknya, surat-surat al-qur’an dibedakan ke dalam empat
kelompok yaitu :
1. kelompok surat-surat al-thul, yakni surat-surat yang panjang.
Yang termasuk kelompok ini sebanyak tujuh surat :
a. surat al-baqarah, 287 ayat;
b. surat ali ‘imran, 200 ayat;
c. surat al-nisa, 176 ayat;
d. surat al-maidah, 120 ayat;
e. surat al-an’am, 165 ayat;
f. surat al-a’raf, 206 ayat;
2. surat yunus, 109 ayat; atau surat
al-anfal (75 ayat) dan surat al-taubat (129 ayat) ada yang menganggap dua
surat ini sebagai satu surat.
Tujuh
surat panjang di atas lazim disebut dengan istilah al-sab’ul al-thiwal, artinya tujuh surat yang panjang.
1. Kelompok surat-surat al-mi’un, yaitu surat-surat yang terdiri
atas 100-an ayat atau lebih (sedikit), seperti surat-surat; yusuf 111 ayat,
an-nahl 128 ayat, al-isra 111 ayat, dan lain-lain.
2. Kelompok surat-surat al-matsani, yaitu surat- surat yang
berisikan kurang dari 100 ayat, seperti surat- surat; maryam 98 ayat, al-hijr
99 ayat, yasin 83 ayat, dan lain sebagainya.
3. Kelompok surat- surat al-mufashshal, yaitu surat- surat
pendek. Dalam hal ini terdapat perbedaan pendapat :
a. Ada yang mengatakan dari surat qaf
sampai surat terakhir (al-nas);
b. Ada yang berpendapat mulai dari surat
al-hujurat hingga surat al-nas;
c. Dan ada pula yang berpendirian lain dari
kedua pendapat di atas.
Selanjutnya,
kelompok surat- surat al-mufashshal ini
oleh para ulama dibagi kepada tiga bagian, yaitu :
1. Thiwal
al-mufashshal, yakni sejak surat qaf atau
al-hujurat sampai surat al-naba’/’amma atau al-buruj;
2. Ausath
al-mufashshal, yaitu mulai surat al-naba’ atau
al-buruj hingga surat al-dhuha atau al-bayyinah;
3. Qishar
al-mufashshal, yaitu dari surat al-dhuha atau
al-bayyinah sampai surat al-nas.
Sama
halnya dengan surat- surat dan
ayat-ayat dalam al-qur’an juga ada yang panjang dan ada pula yang pendek.
Kebanyakan ayat-ayat yang panjang terdapat pada surat- surat yang panjang,
sebagaimana ayat-ayat pendek juga dijumpai pada surat-surat pendek. Ayat terpendek
dalam al-qur’an adalah ayat wa al-dhuha dan wa al-fajr, masing-masing terdiri
atas lima huruf, sedangkan ayat terpanjang dalam al-qur’an terdapat dalam surat
al-baqarah,tepatnya ayat 282 yang terdiri atas 128 kata dan 504 huruf.
Adapun
mengenai jumlah ayat al-qur’an, para ulama berselisih pendapat. Namun, suatu
hal yang telah disepakati oleh mereka tentang bilangan ayat al-qur’an ialah
bahwa jumlah ayat al-qur’an itu tidak kurang dari 6000 ayat. Yang mereka
perselisihkan adalah kelebihannya dari 6000 ayat. Menurut penyelidikan ulama
madinah, jumlah ayat al-qur’an sebanyak 6.210, kata ahli bashrah sebanyak
6.204, kata ahli syam 6.226, kata ahli kufah 6.217, dan menurut penyelidikan
ibnu abbas adalah 6.616.
Adapun
factor-faktor penyebab terjadinya perselisihan pendapat mengenai jumlah ayat
al-qur’an antara lain ialah karena :
Ada Sebagian ulama yang memandang fawatih al-suwar (pembuka-pembuka surat)
seperti :
O!9#, !9 , ÈýJ!9#
Sebagai ayat, akan tetapi sebagian
yang lain tidak menghitungnya sebagai ayat.
Dalam
kaitan dengan masalah perhitungan dan perincian ayat dari tiap-tiap surat yang
ada dalam al-qur’an, al-muwashshili mengatakan surat- surat dalam al-qur’an itu
dapat dibedakan ke dalam tiga bagian, yaitu :
1. Kelompok surat- surat yang tidak
diperselisihkan tentang jumlah ayatnya, baik secara keseluruhan maupun
perinciannya. Jumlah surat yang digolongkan ke dalam kelompok ini sebanyak 40
surat, diantaranya surat yusuf 111 ayat, al-hijr 99 ayat, al-jumu’ah 11 ayat,
al-‘adiyat 11 ayat dan lain sebagainya.
2. Kelompok surat- surat yang jumlah
keseluruhan ayatnya disepakati, tetapi perinciannya secara detail
diperselisihkan. Kelompok ini sebanyak 4 surat, yakni surat al-qashash 88 ayat,
al-‘ankabut 69 ayat dan al-‘ashr 3 ayat dan lain sebagainya.
3. Kelompok surat- surat yang jumlah
ayatnya diperselisihkan baik mengenai jumlah keseluruhannya maupun tentang
perinciannya. Jumlah suratnya sebanyak 70 surat. Contoh: surat al-baqarah, ada
yang mengatakan 285 ayat, ada yang berpendapat 286 ayat dan ada pula yang
berpendirian 287 ayat dan
lain sebagainya.
Mengakhiri
uraian tentang jumlah surat dan ayat al-qur’an, agaknya pada tempatnya jika
disertakan pula tentang jumlah kata dan huruf dalam al-qur’an. Menurut
perhitungan atha ibn yasar, sebagaimana dikutip al-fadhl ibn syadzan, jumlah
kata dalam al-qur’an sebanyak 77.439, sedangkan jumlah hurufnya menurut yang
dikemukakan Abdullah ibn katsir dan mujahid adalah 321.180, atau 323.015
menurut al-fadl ibn atha ibn yasar. Adapula yang mengatakan 347.740. [6]
Dan mengenai
jumlah ayat al-qur’an, para ulama berselisih pendapat. Namun pendapat makalah tentang jumlah ayat yang ada dalam
al-qur’an, yaitu berpedoman kepada dasar hukum mengenai surat dan ayat
al-qur’an yang bersifat tauqifi,
yaitu yang telah tercantum pada al-qur’an yang dicetak sekarang, yaitu 6236
ayat.
C.
ciri-ciri khas ayat-ayat makkiyah dan madaniyah
para
ulama menyimpulkan bahwa hanya ada dua cara untuk mengetahui ayat-ayat makkiyah
dan madaniyah, yaitu dengan cara sima’ dan qiyas
. Adapun cirri-cirinya adalah sebagai berikut :
a. Cirri-ciri ayat makkiyah adalah :
1) Setiap surah yang terdapat kata xx. (sekali-kali
tidak, atau janganlah begitu), seperti dalam surah at-takatsur ayat 3-5.
xx.
ôqy
tbqßJn=÷ès?
ÇÌÈ §NèO
xx.
t$ôqy
tbqßJn=÷ès?
ÇÍÈ xx.
öqs9
tbqßJn=÷ès?
zNù=Ïæ
ÈûüÉ)uø9$#
ÇÎÈ
2) Setiap surah yang mengandung kata sajadata atau ayat as sajadah.
(#rßègô$$sù
¬!
(#rßç7ôã$#ur
)
ÇÏËÈ
¼çmtRqßsÎm6|¡çur
¼ã&s!ur
crßàfó¡o
)
ÇËÉÏÈ
3) Setiap surah yang terdapat cerita adam
dan iblis, kecuali surah al-baqarah karena ia termasuk madaniyah.
4) Setiap surah yang terdapat kata û
tPy#uäÓÍ_t6»t
5) Surah yang di dalamnya terdapat cerita
para nabi dan umat terdahulu kecuali surah al-baqarah.
6) Setiap surah yang terdapat kata â¨$¨Y9$#$pkr'¯»t kecuali surah al-baqarah ayat 21
dan 168 dan surah an-nisa ayat 1, 133, 170 dan 174.
7) Ayat-ayat pendek walaupun ada juga yang
disebut madaniyah seperti surah an-nashr.
8) Surah yang menceritakan tentang mengajak
untuk beriman kepada allah dan mengeesakannya, iman kepada risalah nabi saw.
Dan para nabi sebelumnya, iman kepada para malaikat, iman kepada kitab-kitab
allah, iman kepada hari akhir, hari kebangkitan, hari pembalasan, nikmat dan
siksaan-nya.
9) Surah yang bercerita tentang kebiasaan
orang kafir yang ingkar, mengubur anak perempuan secara hidup-hidup, pemakan
harta anak yatim secara batil, pemakan riba, peminum khamr.
10) Surah yang bercerita tentang anjuran
terhadap orang arab untuk menghiasi diri dengan pokok-pokok kebaikan seperti,
jujur dalam perkataan, sabar, amanah, adil, pergaulan yang baik, perhatian
terhadap tetangga, memenuhi janji, berbuat baik kepada orang tua, tawadhu’,
ilmu, ikhlas, cinta pada orang lain, hati yang bersih, lidahnya bersih dan amar
ma’ruf, nahi mungkar, dan perbuatan yang baik lainnya.
b. Cirri-ciri ayat madaniyah yaitu :
1) Setiap surah yang mengandung kata (#qãZtB#úïÏ%©!$#uä$ygr'¯»t
2) Ayat-ayatnya panjang.
3) Di dalam surahnya terdapat ajakan kepada
ahli kitab sperti kaum yahudi dan nasrani di bawah panji islam, memberikan
bukti-bukti kesesatan akidah mereka.
4) Di dalam surahnya terdapat izin untuk
berjihad.
5) Di dalam suahnya terdapat kaidah-kaidah
hokum secara rinci seperti ibadah, muamalat, faraidh, pidana, perdata, kriminal,
perang, sosial,
perkawinan, peraturan keluarga, dan lain-lain.
6) Surah yang bercerita tentang kondisi
orang munafik dan sikap dia tehadap dakwah nabi Muhammad saw.[7]
D.
Kegunaan Mempelajarinya
1. untuk dijadikan alat bantu dalam
menafsirkan qur’an, sebab pengetahuan mengenai tempat turun ayat dapat membantu
memahami ayat tersebut dan menafsirkannya dengan tafsiran yang benar, sekalipun
yang menjadi pegangan adalah pengertian umum lafaz, bukan sebab yang khusus.
2. Meresapi gaya bahasa qur’an dan
memanfaatkannya dalam metode berdakwah menuju jalan allah, sebab setiap situasi
mempunyai bahasa tersendiri.
3. Mengetahui sejarah hidup nabi melalui
ayat-ayat qur’an, sebab turunnya wahyu kepada rasulullah sejalan dengan sejarah
dakwah dengan segala peristiwanya, baik pada periode mekah maupun periode
madinah, sejak permulaan turun wahyu hingga ayat terakhir diturunkan.[8]
4. untuk mengetahui ayat yang turun
terlebih dahulu dan yang turun belakangan, sehingga dapat menentukan ayat
nasikh dan mansukh. Seperti bila ada dua ayat yang berbeda dalam menentukan
suatu hokum, sementara diketahui bahwa yang satu termasuk ayat makkiyah dan
yang lain termasuk ayat madaniyah. Maka dapat disimpulkan bahwa ayat madaniyah
menghapus hokum ayat makkiyah, karena ayat madaniyah datang belakangan.
5. Untuk mengetahui sejarah penurunan dan
proses pentahapan suatu hukum
dari suatu situasi ke situasi yang lain. Karena setiap kaum mempunyai bahasa
dan karakteristik kejiwaan yang berbeda-beda, maka penerapan hokum harus
memerhatikan situasi kondisi mereka.
6. Untuk mengukuhkan keautentikan
al-qur’an, dan untuk mengukuhkan sampainya al-qur’an kepada kita dengan selamat
tanpa mengalami perubahan dan pemalsuan. Kategorisasi makkiyah dan madaniyah
ini juga menunjukan perhatian yang serius dari kaum muslimin, sehingga mereka mengetahui
ayat yang turun sebelum hijrah dan sesudahnya, turun pada saat tidak berpergian
dan pada saat berpergian, turun pada waktu siang dan malam, turun pada waktu
panas dan pada waktu dingin, turun di langit dan turun di bumi. Perhatian kaum
muslimin yang sangat serius terhadap al-qur’an ini menjadikan musuh-musuh islam
berpikir berulang kali sebelum melakukan serangan/celaan terhadap al-qur’an
atau terhadap islam.[9]
7. Dengan mengetahui makki dan madani,
dapat mengetahui sejarah hukum
islam dan perkembangannya yang bijaksana secara umum. Dengan demikian, akan
dapat meningkatkan keyakinan akan penyebaran islam, termasuk dalam hokum islam
yang sangat bijaksana dalam mendidik manusia baik secara perseorangan maupun
kolektif.
8. Penurunan ayat-ayat al-qur’an yang
demikian rapi, teratur dan dilakukan secara bertahap, tapi tuntas dapat
dijadikan landasan dalam perjalanan sejarah dakwah dan perjuangan nabi Muhammad
saw dengan segala peristiwanya baik di makkah maupun di madinah. Oleh karena
itu al-qur’an adalah sumber kebenaran sejarah yang tidak mengandung keraguan
sekecil apapun.
9. Dengan ilmu makki dan madani, umat islam
dapat meningkatkan keyakinan akan kebenaran, kebesaran, kesucian dan kemurnian
al-qur’an, mengingat besarnya perhatian umat islam sejak dari awal penurunannya
sampai perkembangan berikutnya, dari masalah-masalah yang besar sampai pada
yang sekecil-kecilnya yang berhubungan dengan al-qur’an mereka bahas tanpa
henti-hentinya.[10]
10. Ilmu al-makki wal madani sangat
dibutuhkan dan bermanfaat bagi klasifikasi berbagai periwayatan, pembenaran
teks-teks (an-nushush) dan pembelaan terhadap pelurusan, kebenaran sejarah.
Itulah sebabnya mengapa dalam banyak atau bahkan hampir dalam keseluruhannya
ilmu al-makki dan madani lebih dibutuhkan dari pada asbabin nuzul yang pernah
dijelaskan sebelum ini.
11. Dengan ilmu al makki dan madani, seorang
mampu menghayati proses turunnya al-qur’an surat demi surat dan ayat demi ayat
dari satu tempat ke tempat lain dan dari waktu ke waktu serta dari kelompok sosial yang satu kepada
kelompok sosial
yang lain,
ilmu al makki dan madani laksana cuplikan miniature dan lorong-lorong potret
al-qur’an yang proses turunnya seakan-akan baru saja kita saksikan.[11]
KESIMPULAN
Ada
beberapa pengertian yang dipakai para ulama dalam mengartikan ayat makkiyah
danmadaniyah. Namun yang kami ambil sebagai kesimpulan dari definisi yang lain
yaitu, definisi terkahir yang dianggap masyhur atau populer.
Makkiyah adalah ayat atau surat
yang diturunkan sebelum nabi hijrah
ke madinah walaupun turunnya di luar makkah. Sedangkan madaniyah adalah ayat atau surat yang diturunkan setelah nabi
hijrah meskipun turunnya di makkah.
Para
ulama membagi surat-surat al-qur’an menjadi dua kelompok yaitu surat makkiyah dan surat madaniyah. Namun dari keduanya ada yang murni makkiyah dan ada yang murni madaniyah,
serta ada surat makkiyah yang
sebagian ayatnya madaniyah, begitu
juga sebaliknya ada surat madaniyah
yang sebagian ayatnya makkiyah.
Secara umum karakteristik
surat-surat Makkiyah lebih menekankan pada sisi ‘aqidah untuk manusia, karena pada
waktu itu penduduk Mekah masih dalam keadaan jahil dengan maraknya kesyirikan.
Sedangkan surat-surat Madaniyah mempunyai karakteristik lebih menekankan pada sisi mu’amalah atau masalah syar’iyyah.
Adapun
kegunaan mempelajari ilmu al makki dan al madani antara lain : untuk
dijadikan alat bantu dalam menafsirkan al-qur’an, meresapi
gaya bahasa al-qur’an dan Untuk mengetahui
sejarah penurunan dan proses pentahapan suatu hukum dari suatu situasi ke situasi yang
lain. serta mengetahui sejarah hidup Nabi
melalui ayat-ayat Qur`an dan lain sebagainya.
Jadi,
ilmu tentang ayat-ayat Makkiyah dan Madaniyah merupakan bagian yang sangat penting, bukan cuman hanya sebagai ilmu yang
dipelajari, tapi juga sebagai pedoman umat islam dalam hidup.
DAFTAR PUSTAKA
Syeikh Muhammad abdul
adzim al-zarqani, 2001.
MANAHIL AL-QUR’AN
FI’ULUM AL-QUR’AN, Jakarta : Gaya media pratama
Hasymi DT.R.Panjang, 2008. ULUM AL-QUR’AN, Padang : Hayfa press
padang,
Anshori lal, 2013. ULUMUL
QUR’AN, Jakarta : Rajawali pers,
Muhammad amin suma, 2013. Ulumul Qur’an, Jakarta : Rajawali pers,
Amanah, 1993. Pengantar
Ilmu Qur’an dan Tafsir, Semarang : CV
Asy-syifa’,
Manna’ khalil
al-qattan, 2010. STUDI ILMU-ILMU QUR’AN, (bogor : pustaka
lintera antar musa,
[1] Syeikh Muhammad abdul adzim al-zarqani, MANAHIL AL-QUR’AN FI’ULUM AL-QUR’AN, (Jakarta : Gaya Media Pratama,
2001), hal.199-200
[2] Hasymi DT.R.Panjang, ULUM
AL-QUR’AN, (Padang : Hayfa press padang, 2008), hal.83-84
[4] Muhammad amin suma, Ulumul
Qur’an, (Jakarta : Rajawali pers, 2013), hal.74
[5] Amanah, Pengantar Ilmu Qur’an
dan Tafsir, (Semarang : CV Asy-syifa’, 1993), hal.236-239
[7] Anshori lal, ULUMUL QUR’AN,
(Jakarta : Rajawali pers, 2013), hal.119-121
[8] Manna’ khalil al-qattan, STUDI
ILMU-ILMU QUR’AN, (bogor : pustaka lintera antar musa, 2010), hal.81-82
[10] Hasymi DT.R.Panjang, ULUM
AL-QUR’AN, (Padang : Hayfa press padang, 2008), hal.95-96
[11] Muhammad amin suma, Ulumul
Qur’an, (Jakarta : Rajawali pers, 2013), hal.286-287
Tidak ada komentar:
Posting Komentar