Rabu, 13 Desember 2017

MEDIA PEMBELAJARAN

PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI PUSAT SUMBER PEMBELAJARAN

MAKALAH

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Terstruktur Pada Mata kuliah
Media Pembelajaran



Oleh:kelompok 7
                                        Muhammad Yasin                  : 2014.1902
                                        Alfadhilatu Ahmad                : 2014.1839
                                        Sahardi                                   : 2014.1988
                                        Ahmad Bahri                          : 2014.1834


Dosen pengampu:
Ahmad Mudarris, M.Pd

JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
PENGEMBANGAN ILMU AL-QUR’AN (STAI-PIQ)
SUMATERA BARAT

1438 H / 2016 M

PENDAHULUAN
Berbagai usaha yang dilakukan oleh guru atau pengelola pendidik untuk lebih meningkatkan serta mendukung proses belajar agar lebih efektif dan efisien. Meskipun banyak faktor yang menentukan kualitas pendidikan atau hasil belajar. Salah satunya yang terkait dengan sumber belajar. Banyak berbagai sumber yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar.
Sumber belajar diartikan sebagai segala tempat atau lingkungan sekitar, benda, dan orang yang mengandung informasi dapat digunakan sebagai wahana bagi peserta didik untuk melakukan proses perubahan perilaku. Salah satu sumber belajar yang sering digunakan dalam proses belajar mengajar adalah perpustakaan dan buku. Maka dalam makalah ini akan dibahas lebih lanjut mengenai Pemanfaatan Perpustakaan Sumber Belajar dengan sub judul :
A.    Pengertian Perpustakaan
B.     Fungsi Perpustakaan
C.     Prinsip Penggunaan Perpustakaan
D.    Jenis dan Sistem Koleksi Perpustakaan
E.     Penggunaan Perpustakaan Dalam KBM
F.      Perpustakaan Sebagai Sumber Pusat Pembelajaran




PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI PUSAT SUMBER PEMBELAJARAN

A.    Pengertian Perpustakaan
Darmono mengemukakan bahwa Perpustakaan pada hakekatnya adalah pusat sumber belajar dan sumber informasi bagi pemakainya. Perpustakaan dapat pula diartikan sebagai tempat kumpulan buku-buku atau tempat buku-buku dihimpun dan diorganisasikan sebagai media belajar siswa[1]
Pengertian perpustakaan adalah kumpulan bahan informasi yang terdiri dari bahan buku (book materials) dan bahan non buku (nonbook materials) yang disusun dengan sistem tertentu dipersiapkan untuk diambil  manfaatnya / pengertiannya, tidak untuk dimiliki sebagian maupun keseluruhan.[2] Ibnu Ahmad Saleh memberikan definisi perpustakaan adalah tempat pengumpulan pustaka atau kumpulan pustaka yang diatur dan disusun dengan sistem tertentu, sehingga sewaktu-waktu diperlukan dapat ditemukan dengan mudah dan cepat.
Perpustakaan adalah sebuah tempat yang digunakan untuk menyimpan informasi baik berupa cetak (buku, koran, jurnal, majalah, karya tulis, karya lukisan) ataupun elektronik (pita kaset, film, slide,) yang biasanya disimpan menurut tatanan tertentu yang digunakan pengunjung untuk dibaca atau dipinjam dan bukan untuk dijual.

B.     Fungsi Perpustakaan
Perpustakaan mempunyai beberapa fungsi, yang diantaranya adalah :
1.      Fungsi penelitian
Perpustakaan berfungsi sebagai jawaban terhadap berbagai pertanyaan ilmiah.
2.      Fungsi pendidikan
Perpustakaan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menambah pengetahuan atau mempelajari kembali materi-materi pelajaran yang telah diberikan oleh guru di kelas.
3.      Fungsi rekreasi
Perpustakaan memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk menikmati bahan yang ada.
4.    Fungsi informasi
Perpustakaan berfungsi sebagai tempat mencari informasi yang berkenaandengan pemenuhan rasa ingin tahu dari pengunjung perpustakaan.[3]

C.    Prinsip Penggunaan Perpustakaan
Setiap perpustakaan dapat mempertahankan eksistensinya apabila dapat menjalankan peranannya. Secara umum peran – peran yang dapat dilakukan adalah :
1.      Sebagai Pusat Informasi
Perpustakaan merupakan salah satu tempat yang memiliki peranan penting dalam memberikan suatu informasi. Hal ini dikarenakan sebuah perpustakaan pastinya mempunyai koleksi buku tidak hanya satu,bisa ratusan atau bahkan berpuluh-puluh ribu. Yang di dalamnya terdapat berbagai macam jenis buku, seperti karya umum, filsafat, ensiklopedi dan lain-lain. Tidak hanya buku, perpustakaan sekarang juga dilengkapi dengan adanya koleksi majalah, koran ataupun artikel yang dapat dijadikan sebagai sumber informasi dan juga ilmu.
2.      Sebagai Pusat Inovasi
Perpustakaan sebagai tempat tersimpannya berbagai informasi yang dulu hanya sebagai tempat penyimpanan buku semata,kini juga sebagai tempat untuk tumbuhnya ide-ide yang kreatif. Dari ide-ide kreatif itulah dapat tercipta suatu karya yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Dan dari karya para pengguna perpustakaan inilah nantinya dapat pula muncul suatu wacana atau pun gagasan yang dapat dibaca dan digunakan oleh orang lain. Contohnya bila kita membaca tentang buku pembudidayaan jamur. Jika orang tersebut adalah seorang yang kreatif, maka dari membaca buku itu bisa saja muncul ide untuk membudidayakan jamur dan dapat membuka lapangan pekerjaan yang tentunya berguna bagi orang lain.

3.      Sebagai Pusat Sumber Belajar
 Perpustakaan merupakan upaya untuk memelihara dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses belajar-mengajar. Perpustakaan yang terorganisasi secara baik dan sistematis, secara langsung atau pun tidak langsung dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar di sekolah tempat perpustakaan tersebut berada.  Hal ini, terkait dengan kemajuan bidang pendidikan dan dengan adanya perbaikan metode belajar-mengajar yang dirasakan tidak bisa dipisahkan dari masalah penyediaan fasilitas dan sarana pendidikan.[4]
Fungsi Pendidikan Perpustakaan merupakan sarana pendidikan nonformal dan informal. Artinya perpustakaan merupakan tempat belajar diluar bangku sekolah maupun dalam lingkungan pendidikan.
Untuk memelihara efisiensi dan efektivitas proses belajar mengajar. Dengan adanya perpustakaan di sebuah sekolah atau perguruan tinggi dapat membantu pengguna perpustakaan bisa lebih cepat dalam membantu mencari literatur atau bahan untuk proses pembelajaran. Sehingga masyarakat dimana perpustakaan itu berada bisa mendapatkan informasi yang cepat dan akurat dengan adanya perpustakaan tersebut.
Untuk memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar dimana perpustakaan itu berada, kemudahan itu antara lain:
a.       Kemudahan mencari informasi
b.      Kemudahan mencari bahan pembelajaran
c.       Kemudahan menemukan buku yang tidak dijual di toko buku[5]

D.    Jenis dan Sistem Koleksi Perpustakaan
1.      Perpustakaan Negara
Kebanyakan negara di dunia mempunyai perpustakaan negaranya sendiri. Perpustakaan negara memainkan peranan penting dalam membangun dan menyelaras berbagai isu berkaitan perpustakaan dan pustakawan. Fungsi perpustakaan negara yang penting adalah sebagai pusat bibliografi negara yaitu ia menyimpan dan mengurutkan semua hasil penerbitan negaranya.
2.      Perpustakaan awam
Perpustakaan awam termasuk perpustakaan negeri, perpustakaan daerah, dan perpustakaan desa. Ia berfungsi menyediakan pengkhitmatan serta kemudahan bacaan dan rujukan kepada penduduk atau komunitas di sekitarnya. Koleksi perpustakaan awam adalah berbagai dan merangkumi bahan bacaan untuk semua golongan yaitu anak-anak, remaja dan dewasa.
3.      Perpustakaan akademik
Perpustakaan akademik adalah perpustakaan di institusi pengajian tinggi seperti universitas dan maktab. Fungsi perpustakaan akademik menyediakan bahan-bahan untuk kegunaan para pelajar dan  tenaga pengajar di institusi
4.      Perpustakaan sekolah
Setiap sekolah biasanya dilengkapi dengan perpustakaan atau disebut pusat sember. Ukuran perpustakaan sekolah kebanyakan adalah kecil dengan koleksi bahan yang sederhana. Koleksinya terdiri daripada  buku-buku rujukan seperti kamus, ensiklopedia, atlas, dan juga buku cerita.
5.      Perpustakaan khusus
Perpustakaan khusus adalah perpustakan yang berada di dalam sebuah organisasi ataupun syarikat. Perpustakaan khusus berfungsi memberikan perkhidmatan kepada pengguna yaitu mereka yang berada di dalam organisasi itu.[6]

E.     Penggunaan Perpustakaan Dalam KBM
Manfaat dari keberadaan perpustakaan sekolah adalah merangsang minat baca baik pada guru dan siswa, merupakan sumber yang paling dekat, perpustakaan sebagai pusat sumber informasi dan sumber pembelajaran menulis.
Berdasarkan fungsi dan manfaat dari perpustakaan sekolah, maka perpustakaan sekolah dapat disebut sebagai pusat sumber belajar seperti yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dimana pada pasal 35 undang-undang tersebut dikemukakan bahwa setiap satuan pendidikan jalur pendidikan sekolah, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun oleh masyarakat, harus menyediakan sumber-sumber belajar.
Selain itu, pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar secara efektif memerlukan keterampilan sebagai berikut :
1.      Keterampilan mengumpulkan informasi, yang meliputi keterampilan mengenal sumber informasi dan pengetahuan, menentukan lokasi sumber informasi berdasarkan sistem klasifikasi perpustakaan, cara menggunakan katalog dan indeks, menggunakan bahan pustaka baru, bahan referensi seperti ensiklopedi, kamus, buku tahunan, dan lain sebagainya.
2.      Keterampilan mengambil intisari dan mengorganisasikan informasi, seperti memilih informasi yang relevan dengan kebutuhan dan masalah, dan mendokumentasikan informasi dan sumbernya.
3.      Keterampilan menganalisis dan mengevaluasi informasi, seperti memahami bahan yang dibaca, membedakan antara fakta dan opini, dan menginterpretasi informasi baik yang saling mendukung maupun yang berlawanan.
4.      Keterampilan menggunakan informasi, seperti memanfaatkan intisari informasi untuk mengambil keputusan dan memecahkan masalah, menggunakan informasi dalam diskusi, dan menyajikan informasi dalam bentuk tulisan.[7]

F.     Perpustakaan Sebagai Sumber Pusat Pembelajaran
Perpustakaan merupakan pusat sarana akademisi. Perpustakaan menyediakan bahan-bahan pustaka berupa barang cetakan seperti buku, majalah / jurnal ilmiah, peta, surat kabar, karya-karya tulis berupa monograf yang belum diterbitkan, serta bahan-bahan non cetakan seperti video compact disc, digital video discmicro film, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, perpustakaan dapat dimanfaatkaan oleh pelajar, mahasiswa dan masyarakat pada umumnya untuk memperoleh informasi dalam berbagai bidang keilmuan baik untuk tujuan akademisi.
Sumber belajar pada hakikatnya merupakan komponen sistem intruksional yang meliputi pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan lingkungan, yang mana hal itu dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Dengan demikian sumber belajar dapat dipahami sebagai segala macam sumber yang ada di luar diri seseorang (peserta didik) dan memungkinkan (memudahkan) terjadinya proses belajar. Untuk menjamin bahwa sumber belajar tersebut adalah sebagai sumber belajar yang cocok, sumber tersebut harus memenuhi ketiga persyaratan sebagai berikut:
1.      Harus dapat tersedia dengan cepat
2.      Harus memungkinkan siswa untuk memicu diri sendiri
3.      Harus bersifat individual, misalnya harus dapat memenuhi berbagai kebutuhan para siswa dalam belajar mandiri.
Sumber  belajar dapat berasal dari berbagai bentuk misalnya orang juga dapat menjadi sumber belajar, yakni ketika staf pengajar menyediakan diri sebagai manusia sumber yang dapat tersedia setiap saat sehingga dapat memecahkan berbagai kesulitan siswa secara individual. Begitu juga tempat tertentu dapat dijadikan sumber belajar, contohnya adalah perpustakaan yang bisa digunakan. Setiap saat saperti yang diuraikan sebelumnya.
Begitu juga dalam pembelajaran bahasa  perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar karena menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung dalam proses pembelajaran bahasa.
Pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar secara efektif memerlukan keterampilan sebagai berikut : [8]
1.      Keterampilan mengumpulkan informasi, yang meliputi keterampilan:
a.       mengenal sumber informasi dan pengetahuan
b.      menentukan lokasi sumber informasi berdasarkan sistem klasifikasi perpustakaan, cara menggunakan katalog dan indeks
c.       menggunakan bahan pustaka baru, bahan referensi seperti kamus, dan apa saja yang dianggap bisa digunakan sebagai referensi.
2.      Keterampilan mengambil intisari dan mengorganisasikan informasi, seperti:
a.       memilih informasi yang relevan dengan kebutuhan dan masalah
b.      mendokumentasikan informasi dan sumbernya
3.      Keterampilan menggunakan informasi, seperti :
a.       memanfaatkan intisari informasi untuk mengambil keputusan dan memecahkan masalah
b.      menggunakan informasi dan diskusi
c.       menyajikan informasi dalam bentuk tulisan.

KESIMPULAN
Perpustakaan adalah kumpulan bahan informasi yang terdiri dari bahan buku (book materials) dan bahan nonbuku (nonbook materials) yang disusun dengan sistem tertentu dipersiapkan untuk diambil  manfaatnya / pengertiannya, tidak untuk dimiliki sebagian maupun keseluruhan.
Fungsi Perpustakaan yaitu untuk penelitian, pendidikan, rekreasi, informasi. Jenis-jenis Perpustakaan diantaranya yaitu:  Perpustakaan negara, Perpustakaan awam, Perpustakaan akademik, Perpustakaan  sekolah dan perpustakaan khhusus.
Peranan perpustakaan yakni sebagai pusat sumber informasi, Sebagai Pusat inovasi dan Sebagai pusat sumber belajar.


DAFTAR KEPUSTAKAAN
Darmono, Manajemen dan Tata Perpustakaan Sekolah. Cet. I (Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2001), hal. 15
Basuki, Sulistyo. Pengantar Ilmu Perpustakaan.(Jakarta: Gramerdia Pustaka Utama, 1991), hal. 22-23
Sinaga, Dian., Mengelola Perpustakaan Sekolah,  (Jakarta: Kreasi Media Utama, 2007), hal. 75
Irma, Indayu Oumar., Panduan Mengurus Perpustakaan, (Malaysia, PTS Professional Publishing, 2005), hal. 21-22
Arsyad, Azhar., Media Pembelajaran, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2003), hlm. 100-101.
Hs, Lasa., Petunjuk Praktis Pengelolaan perpustakaan Masjid dan Lembaga Islamiyah. (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press,1994), hal. 19-21



[1] Darmono.Manajemen dan Tata Perpustakaan Sekolah. Cet. I (Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2001), hal. 15
[2] Sulistyo Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan.(Jakarta: Gramerdia Pustaka Utama, 1991), hal. 22-23
[3] Darmono., Op, Cit., hal. 21
[4] Dian Sinaga, Mengelola Perpustakaan Sekolah,  (Jakarta: Kreasi Media Utama, 2007), hal. 75
[6] Irma Indayu Oumar, Panduan Mengurus Perpustakaan, (Malaysia, PTS Professional Publishing, 2005), hal. 21-22
[7] Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2003), hlm. 100-101.
[8] Lasa Hs,, Petunjuk Praktis Pengelolaan perpustakaan Masjid dan Lembaga Islamiyah. (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press,1994), hal. 19-21

Tidak ada komentar:

Posting Komentar