PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI
PUSAT SUMBER PEMBELAJARAN
MAKALAH
Diajukan Untuk Memenuhi
Tugas Terstruktur Pada
Mata kuliah
Media
Pembelajaran

Oleh:kelompok 7
Muhammad Yasin :
2014.1902
Alfadhilatu Ahmad : 2014.1839
Sahardi :
2014.1988
Ahmad Bahri : 2014.1834
Dosen pengampu:
Ahmad
Mudarris, M.Pd
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA
ISLAM
PENGEMBANGAN ILMU
AL-QUR’AN (STAI-PIQ)
SUMATERA BARAT
1438 H / 2016 M
PENDAHULUAN
Berbagai usaha
yang dilakukan oleh guru atau pengelola pendidik untuk lebih meningkatkan serta
mendukung proses belajar agar lebih efektif dan efisien. Meskipun banyak faktor
yang menentukan kualitas pendidikan atau hasil belajar. Salah satunya yang terkait
dengan sumber belajar. Banyak berbagai sumber yang dapat dijadikan sebagai
sumber belajar.
Sumber belajar
diartikan sebagai segala tempat atau lingkungan sekitar, benda, dan orang yang
mengandung informasi dapat digunakan sebagai wahana bagi peserta didik untuk
melakukan proses perubahan perilaku. Salah satu sumber belajar yang sering
digunakan dalam proses belajar mengajar adalah perpustakaan dan buku. Maka
dalam makalah ini akan dibahas lebih lanjut mengenai Pemanfaatan
Perpustakaan Sumber Belajar dengan sub judul :
A.
Pengertian
Perpustakaan
B.
Fungsi
Perpustakaan
C.
Prinsip
Penggunaan Perpustakaan
D.
Jenis dan
Sistem Koleksi Perpustakaan
E.
Penggunaan
Perpustakaan Dalam KBM
F.
Perpustakaan
Sebagai Sumber Pusat Pembelajaran
PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI PUSAT
SUMBER PEMBELAJARAN
A.
Pengertian
Perpustakaan
Darmono mengemukakan bahwa Perpustakaan
pada hakekatnya adalah pusat sumber belajar dan sumber informasi bagi
pemakainya. Perpustakaan dapat pula diartikan sebagai tempat kumpulan buku-buku
atau tempat buku-buku dihimpun dan diorganisasikan sebagai media belajar siswa[1]
Pengertian perpustakaan adalah kumpulan
bahan informasi yang terdiri dari bahan buku (book materials) dan bahan
non buku (nonbook materials) yang disusun dengan sistem tertentu
dipersiapkan untuk diambil manfaatnya / pengertiannya, tidak untuk
dimiliki sebagian maupun keseluruhan.[2] Ibnu Ahmad Saleh memberikan definisi
perpustakaan adalah tempat pengumpulan pustaka atau kumpulan pustaka yang
diatur dan disusun dengan sistem tertentu, sehingga sewaktu-waktu diperlukan
dapat ditemukan dengan mudah dan cepat.
Perpustakaan adalah sebuah tempat yang
digunakan untuk menyimpan informasi baik berupa cetak (buku, koran, jurnal, majalah,
karya tulis, karya lukisan) ataupun elektronik (pita kaset, film, slide,) yang
biasanya disimpan menurut tatanan tertentu yang digunakan pengunjung untuk
dibaca atau dipinjam dan bukan untuk dijual.
B.
Fungsi
Perpustakaan
Perpustakaan mempunyai beberapa fungsi,
yang diantaranya adalah :
1. Fungsi penelitian
Perpustakaan
berfungsi sebagai jawaban terhadap berbagai pertanyaan ilmiah.
2. Fungsi pendidikan
Perpustakaan
memberikan kesempatan kepada siswa untuk menambah pengetahuan atau mempelajari
kembali materi-materi pelajaran yang telah diberikan oleh guru di kelas.
3. Fungsi rekreasi
Perpustakaan
memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk menikmati bahan yang ada.
4. Fungsi informasi
Perpustakaan
berfungsi sebagai tempat mencari informasi yang berkenaandengan pemenuhan rasa
ingin tahu dari pengunjung perpustakaan.[3]
C.
Prinsip
Penggunaan Perpustakaan
Setiap perpustakaan dapat mempertahankan
eksistensinya apabila dapat menjalankan peranannya. Secara umum peran – peran
yang dapat dilakukan adalah :
1.
Sebagai
Pusat Informasi
Perpustakaan
merupakan salah satu tempat yang memiliki peranan penting dalam memberikan
suatu informasi. Hal ini dikarenakan sebuah perpustakaan pastinya
mempunyai koleksi buku tidak hanya satu,bisa ratusan atau bahkan berpuluh-puluh
ribu. Yang di dalamnya terdapat berbagai macam jenis buku, seperti karya
umum, filsafat, ensiklopedi dan lain-lain. Tidak hanya buku, perpustakaan
sekarang juga dilengkapi dengan adanya koleksi majalah, koran ataupun artikel
yang dapat dijadikan sebagai sumber informasi dan juga ilmu.
2.
Sebagai
Pusat Inovasi
Perpustakaan
sebagai tempat tersimpannya berbagai informasi yang dulu hanya sebagai tempat
penyimpanan buku semata,kini juga sebagai tempat untuk tumbuhnya ide-ide yang
kreatif. Dari ide-ide kreatif itulah dapat tercipta suatu karya yang dapat
bermanfaat bagi orang lain. Dan dari karya para pengguna perpustakaan
inilah nantinya dapat pula muncul suatu wacana atau pun gagasan yang dapat
dibaca dan digunakan oleh orang lain. Contohnya bila kita membaca tentang
buku pembudidayaan jamur. Jika orang tersebut adalah seorang yang kreatif, maka
dari membaca buku itu bisa saja muncul ide untuk membudidayakan jamur dan dapat
membuka lapangan pekerjaan yang tentunya berguna bagi orang lain.
3.
Sebagai
Pusat Sumber Belajar
Perpustakaan merupakan upaya untuk memelihara
dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses belajar-mengajar.
Perpustakaan yang terorganisasi secara baik dan sistematis, secara langsung
atau pun tidak langsung dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar
di sekolah tempat perpustakaan tersebut
berada. Hal ini, terkait dengan kemajuan bidang pendidikan dan
dengan adanya perbaikan metode belajar-mengajar yang dirasakan tidak bisa
dipisahkan dari masalah penyediaan fasilitas dan sarana pendidikan.[4]
Fungsi
Pendidikan Perpustakaan merupakan sarana pendidikan nonformal dan informal.
Artinya perpustakaan merupakan tempat belajar diluar bangku sekolah maupun
dalam lingkungan pendidikan.
Untuk
memelihara efisiensi dan efektivitas proses belajar mengajar. Dengan adanya
perpustakaan di sebuah sekolah atau perguruan tinggi dapat membantu pengguna
perpustakaan bisa lebih cepat dalam membantu mencari literatur atau bahan untuk
proses pembelajaran. Sehingga masyarakat dimana perpustakaan itu berada bisa mendapatkan
informasi yang cepat dan akurat dengan adanya perpustakaan tersebut.
Untuk
memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar dimana perpustakaan itu
berada, kemudahan itu antara lain:
a. Kemudahan mencari informasi
b. Kemudahan mencari bahan pembelajaran
D.
Jenis
dan Sistem Koleksi Perpustakaan
1. Perpustakaan Negara
Kebanyakan
negara di dunia mempunyai perpustakaan negaranya sendiri. Perpustakaan negara
memainkan peranan penting dalam membangun dan menyelaras berbagai isu berkaitan
perpustakaan dan pustakawan. Fungsi perpustakaan negara yang penting adalah
sebagai pusat bibliografi negara yaitu ia menyimpan dan mengurutkan semua hasil
penerbitan negaranya.
2. Perpustakaan awam
Perpustakaan
awam termasuk perpustakaan negeri, perpustakaan daerah, dan perpustakaan desa.
Ia berfungsi menyediakan pengkhitmatan serta kemudahan bacaan dan rujukan
kepada penduduk atau komunitas di sekitarnya. Koleksi perpustakaan awam adalah
berbagai dan merangkumi bahan bacaan untuk semua golongan yaitu anak-anak,
remaja dan dewasa.
3. Perpustakaan akademik
Perpustakaan
akademik adalah perpustakaan di institusi pengajian tinggi seperti universitas
dan maktab. Fungsi perpustakaan akademik menyediakan bahan-bahan untuk
kegunaan para pelajar dan tenaga pengajar di institusi
4. Perpustakaan sekolah
Setiap
sekolah biasanya dilengkapi dengan perpustakaan atau disebut pusat sember. Ukuran
perpustakaan sekolah kebanyakan adalah kecil dengan koleksi bahan yang
sederhana. Koleksinya terdiri daripada buku-buku rujukan seperti kamus,
ensiklopedia, atlas, dan juga buku cerita.
5. Perpustakaan khusus
Perpustakaan
khusus adalah perpustakan yang berada di dalam sebuah organisasi ataupun
syarikat. Perpustakaan khusus berfungsi memberikan perkhidmatan kepada pengguna
yaitu mereka yang berada di dalam organisasi itu.[6]
E.
Penggunaan
Perpustakaan Dalam KBM
Manfaat dari
keberadaan perpustakaan sekolah adalah merangsang minat baca baik pada guru dan
siswa, merupakan sumber yang paling dekat, perpustakaan sebagai pusat sumber
informasi dan sumber pembelajaran menulis.
Berdasarkan
fungsi dan manfaat dari perpustakaan sekolah, maka perpustakaan sekolah dapat
disebut sebagai pusat sumber belajar seperti yang diatur dalam Undang-Undang
Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dimana pada pasal 35
undang-undang tersebut dikemukakan bahwa setiap satuan pendidikan jalur
pendidikan sekolah, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun oleh
masyarakat, harus menyediakan sumber-sumber belajar.
Selain itu,
pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar secara efektif memerlukan
keterampilan sebagai berikut :
1.
Keterampilan
mengumpulkan informasi, yang meliputi keterampilan mengenal sumber informasi
dan pengetahuan, menentukan lokasi sumber informasi berdasarkan sistem
klasifikasi perpustakaan, cara menggunakan katalog dan indeks, menggunakan
bahan pustaka baru, bahan referensi seperti ensiklopedi, kamus, buku tahunan,
dan lain sebagainya.
2.
Keterampilan
mengambil intisari dan mengorganisasikan informasi, seperti memilih informasi
yang relevan dengan kebutuhan dan masalah, dan mendokumentasikan informasi dan
sumbernya.
3.
Keterampilan
menganalisis dan mengevaluasi informasi, seperti memahami bahan yang dibaca,
membedakan antara fakta dan opini, dan menginterpretasi informasi baik yang
saling mendukung maupun yang berlawanan.
4.
Keterampilan
menggunakan informasi, seperti memanfaatkan intisari informasi untuk mengambil
keputusan dan memecahkan masalah, menggunakan informasi dalam diskusi, dan
menyajikan informasi dalam bentuk tulisan.[7]
F.
Perpustakaan
Sebagai Sumber Pusat Pembelajaran
Perpustakaan merupakan pusat sarana
akademisi. Perpustakaan menyediakan bahan-bahan pustaka berupa barang cetakan
seperti buku, majalah / jurnal ilmiah, peta, surat kabar, karya-karya tulis
berupa monograf yang belum diterbitkan, serta bahan-bahan non cetakan
seperti video compact disc, digital video disc, micro film,
dan lain sebagainya. Oleh karena itu, perpustakaan dapat dimanfaatkaan oleh
pelajar, mahasiswa dan masyarakat pada umumnya untuk memperoleh informasi dalam
berbagai bidang keilmuan baik untuk tujuan akademisi.
Sumber belajar pada hakikatnya merupakan
komponen sistem intruksional yang meliputi pesan, orang, bahan, alat, teknik,
dan lingkungan, yang mana hal itu dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.
Dengan demikian sumber belajar dapat dipahami sebagai segala macam sumber yang
ada di luar diri seseorang (peserta didik) dan memungkinkan (memudahkan)
terjadinya proses belajar. Untuk menjamin bahwa sumber belajar tersebut adalah
sebagai sumber belajar yang cocok, sumber tersebut harus memenuhi ketiga
persyaratan sebagai berikut:
1. Harus dapat tersedia dengan cepat
2. Harus memungkinkan siswa untuk memicu diri sendiri
3. Harus bersifat individual, misalnya harus dapat memenuhi berbagai kebutuhan
para siswa dalam belajar mandiri.
Sumber belajar dapat berasal dari
berbagai bentuk misalnya orang juga dapat menjadi sumber belajar, yakni ketika
staf pengajar menyediakan diri sebagai manusia sumber yang dapat tersedia
setiap saat sehingga dapat memecahkan berbagai kesulitan siswa secara
individual. Begitu juga tempat tertentu dapat dijadikan sumber belajar,
contohnya adalah perpustakaan yang bisa digunakan. Setiap saat saperti yang
diuraikan sebelumnya.
Begitu juga dalam pembelajaran
bahasa perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar karena
menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung dalam proses pembelajaran bahasa.
Pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber
belajar secara efektif memerlukan keterampilan sebagai berikut
: [8]
1. Keterampilan mengumpulkan informasi,
yang meliputi keterampilan:
a. mengenal sumber informasi dan pengetahuan
b. menentukan lokasi sumber informasi berdasarkan sistem klasifikasi
perpustakaan, cara menggunakan katalog dan indeks
c. menggunakan bahan pustaka baru, bahan referensi seperti kamus, dan apa
saja yang dianggap bisa digunakan sebagai referensi.
2. Keterampilan mengambil intisari dan
mengorganisasikan informasi, seperti:
a. memilih informasi yang relevan dengan kebutuhan dan masalah
b. mendokumentasikan informasi dan sumbernya
3. Keterampilan menggunakan informasi,
seperti :
a. memanfaatkan intisari informasi untuk
mengambil keputusan dan memecahkan masalah
b. menggunakan informasi dan diskusi
c. menyajikan informasi dalam bentuk tulisan.
KESIMPULAN
Perpustakaan adalah kumpulan bahan
informasi yang terdiri dari bahan buku (book materials) dan bahan
nonbuku (nonbook materials) yang disusun dengan sistem
tertentu dipersiapkan untuk diambil manfaatnya / pengertiannya, tidak
untuk dimiliki sebagian maupun keseluruhan.
Fungsi Perpustakaan yaitu untuk
penelitian, pendidikan, rekreasi, informasi. Jenis-jenis Perpustakaan
diantaranya yaitu: Perpustakaan negara, Perpustakaan awam, Perpustakaan
akademik, Perpustakaan sekolah dan perpustakaan khhusus.
Peranan perpustakaan yakni sebagai pusat
sumber informasi, Sebagai Pusat inovasi dan Sebagai pusat sumber belajar.
DAFTAR
KEPUSTAKAAN
Darmono, Manajemen dan Tata
Perpustakaan Sekolah. Cet. I (Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia,
2001), hal. 15
Basuki, Sulistyo. Pengantar Ilmu
Perpustakaan.(Jakarta: Gramerdia Pustaka Utama, 1991), hal. 22-23
Sinaga, Dian., Mengelola Perpustakaan
Sekolah, (Jakarta: Kreasi Media Utama, 2007), hal. 75
http://www.slideshare.net/hanyaqhu1/3-peran-perpustakaan-dalam-masyarakat,
diakses pada 08 November 2016, 20:13 WIB
Irma, Indayu Oumar., Panduan
Mengurus Perpustakaan, (Malaysia, PTS Professional Publishing,
2005), hal. 21-22
Arsyad, Azhar., Media Pembelajaran,
(Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2003), hlm. 100-101.
Hs, Lasa., Petunjuk Praktis
Pengelolaan perpustakaan Masjid dan Lembaga Islamiyah. (Yogyakarta:
Gadjah Mada University Press,1994), hal. 19-21
[1] Darmono.Manajemen
dan Tata Perpustakaan Sekolah. Cet. I (Jakarta: Gramedia Widiasarana
Indonesia, 2001), hal. 15
[2] Sulistyo Basuki, Pengantar Ilmu
Perpustakaan.(Jakarta: Gramerdia Pustaka Utama, 1991), hal. 22-23
[5] http://www.slideshare.net/hanyaqhu1/3-peran-perpustakaan-dalam-masyarakat,
diakses pada 08 November 2016, 20:13 WIB
[6] Irma Indayu Oumar, Panduan
Mengurus Perpustakaan, (Malaysia, PTS Professional Publishing, 2005),
hal. 21-22
[7] Azhar Arsyad, Media Pembelajaran,
(Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2003), hlm. 100-101.
[8] Lasa Hs,, Petunjuk Praktis
Pengelolaan perpustakaan Masjid dan Lembaga Islamiyah. (Yogyakarta:
Gadjah Mada University Press,1994), hal. 19-21
Tidak ada komentar:
Posting Komentar